Wawako Sungaipenuh Teken Kesepakatan Musrenbang RKPD

Alharis: Isu Strategis Pemantapan Pembangunan Ekonomi

Berita, Jambi, Sungai Penuh1206 Dilihat

JAMBIDEPnews: Wakil Walikota Sungaipenuh Dr Alvia Santoni, MM  menyepakati dan menandatangani hasil  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Provinsi Jambi tahun 2023, Selasa (05/4).

Pada Musrenbang yang berlangsung di Ballroom BW Luxury Hotel tersebut, Wakil Walikota menilai rencana pembangunan daerah yang akan dilakukan, sudah selaras dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional.

‘’Arah kebijakan daerah dan program kegiatannya pada Musrenbang ini sudah sinkron dengan prioritas pembangunan nasional. Jadi Kota Sungaipenuh sangat mendukung dan mengapresiasi sekali hasil Musrenbang tersebut,’’ ujar Wawako Alvia Santoni.

  Terpisah, Gubernur Jambi H Al Haris menegaskan isu strategis  untuk rencana pembangun 2023 adalah, pemantapan pembangunan ekonomi, ketimpangan antar wilayah dan ketenagakerjaan.

Isu strategis itu lanjut gubernur, terangkum dalam lima skala prioritas yang nantinya akan sangat berperan dan membantu untuk perkembangan masing-masing kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

‘’Kelima skala prioritas itu, peningkatan produktivitas daerah, pembangunan infrastruktur daerah, pembangunan manusia, peningkatan lingkungan hidup dan peningkatan tata kelola pemerintahan,’’ujar Gubernur.

Musrenbang yang digelar itu mengaku ke Pasal 90 dan 91 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tatacara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Selain itu tatacara evaluasi Ranpeda tentang RPJPD dan RPJMD serta tatacara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD yang menegaskan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD dilaksanakan dalam rangka pembahasan rancangan RKPD Provinsi.

            Tujuan Musrembang ini untuk penyepakati permasalahan, prioritas, arah kebijakan daerah dan program kegiatan serta menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional.

Hasil Musrembang yang bertema ‘Peningkatan produktivitas untuk pertumbuhan hijau’ tersebut, kemudian ditandatangani seluruh bupati/walikota se-Provinsi Jambi yang hadir atau  yang mewakili.

Musrenbang RKPD 2024 ini dibuka oleh Gubernur Jambi Al Haris yang turut dihadiri Perwakilan Kemendagri, Bappenas, Kementrian PUPR, Anggota DPR RI, Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Jambi, para kepala daerah se Provinsi Jambi, Forkopimda Jambi dan para tamu undangan lainnya.(dev)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *