Wako Ahmadi Hadiri Pembukaan Festival Batanghari 2023

Meriah, Dibuka Gubernur Al Haris dan Staf Ahli Menparekraf RI

Berita, Sungai Penuh832 Dilihat

DEPATI NEWS.COM – Walikota Ahmadi Zubir menghadiri pembukaan Festival Batanghari 2023 yang dipusatkan di ruang terbuka hijau (RTH) Taman Putri Pinang Masak Kota Jambi, Jumat malam (21/7).

Festival Batanghari 2023 dibuka secara resmi Gubernur Jambi Al Haris dan dihadiri Staf Ahli Menparekraf,
para kepala daerah se provinsi Jambi, pihak dari kementerian Perekraf RI, serta undangan lainnya.

Atraksi budaya khas Jambi dan beragam potensi lokal ditampilkan pada pembukaan festival diantaranya atraksi Tumbuk lesung, parade songket, pemilihan duta songket, penilihan duta melayu, tarian daerah jambi kontemporer, dan turut di gelar pameran ekonomi kreatif/UMKM.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan festival Batanghari digelar dalam rangka melestarikan budaya Jambi sekaligus mendorong tumbuhnya sektor pariwisata di Privinsi Jambi.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan festival Batanghari adalah panggung bagi para pelaku seni Jambi untuk menampilkan seni budaya dari Kabupaten dan Kota di Provinsi Jambi.

Selain itu festival yang termasuk dalam rangkaian kenduri Swarnabhumi 2023 itu juga merupakan upaya pemerintah untuk kembali memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk tumbuh berkembang pasca pandemi.

“Festival ini adalah event yang tercatat resmi di kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif. Festival ini termasuk rangkaian kenduri Swarnabhumi 2023,” kata Al Haris.

“Tentu banyak hal positif dengan festival Batanghari ini yang juga berangikan dengan bazar UMKM, ruang bagi pelaku usaha. Disamping pergelaran seni budaya, kita juga turut memberikan semangat bagi pelaku isaha untuk memulihkan ekonomi pasca pandemi,” sebutnya lagi.

Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Kurleni Ukar dalam sambutannya mengatakan Festival Batanghari 2023 telah masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 bersama Festival Kerinci.

Menurut Kurleni, ada ratusan festival budaya di Indonesia, dan festival Batanghari dan Kerinci masuk dalam kalender KEN oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Warga Jambi turut berbangga karena ada 2 festival sekaligus bertaraf nasional diselenggarakan di Jambi,” katanya.

Sementara Walikota Sungaipenuh Ahmadi Zubir mengatakan kegiatan Festival Batanghari ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk mempromosikan pariwisata yang ada di wilayah Provinsi Jambi

Khususnya bagi Kota Sungaipenuh yang merupakan kawasan utama wisata Jambi. Kegiatan ini bisa berdampak positif untuk pengembangan wusata di Kita Sungaipenuh.

” Kita punya Bukit Khayangan dan sejumlah destinasi wisata lainnya. Termasuk kesenian dan budaya yang ada, selain itu juga bisa menggali segala potensi yang ada,” kata Wako.

Ahmadi berharap Festival Batanghari ini kedepannya mampu membawa dampak positif bagi Provinsi Jambi khususnya Kota Sungaipenuh. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *