Wako Prihatin Nasib Korban Kebakaran Dusun Baru

Pemkot Bantu Sembako dan Bahan Bangunan 5 Unit Rumah

Berita, Sungai Penuh1081 Dilihat

SUNGAIPENUHDEPnews: Lima kepala keluarga (KK) korban kebakaran di Larik Imbang, Keluruhan Dusun Baru,  kini bisa lega. Kondisi prihatin terhadap nasib mereka, mendapat perhatian serius dari Walikota Sungaipenuh Ahmadi Zubir. Wako bersama Sekda Alpian, meninjau dan melihat langsung lokasi kebakaran dan para korban.

            “Tenang kayo-kayo, ini musibah. Kami atas nama Pemerintah Kota maupun secara pribadi sangat prihatin. Kami akan berusaha membantu meringankan beban kayo-kayo para korban,” kata Walikota Ahmadi Zubir dihadapan lima korban saat penyerahan bantuan dari BPBD, Dinas Sosial dan Catatan Sipil di Larik Imbang Dusun Baru Sabtu (15/4).

            Bantuan yang diserahkan berupa kebutuhan pokok makanan, peraltan mandi, peralatan tidur, dokumen kependudukan dan kartu keluarga . Pemkot juga membantu bahan material bangunan berupa semen, kayu, atap seng dan lainnya untuk lima unit rumah yang ludes terbakar dan alat bangunan untuk rumah yang mengalami rusak berat dan ringan.

            Sebelumnya beredar kabar bantuan dari Pemkot Sungaipenuh hanya untuk satu unit rumah. Walikota menegaskan, rumah yang terbakar ada lima unit. Kelima-limanya rumah yang terbakar itu harus dibantu.

            Dikatakan Wako, rumah yang ludes memang satu unit. Rumah tersebut dibagi menjadi lima unit, ada lima pintu dan penghuninya jelas dan nyata lima kepala keleuarga. “Saya tekankan, bantuan bukan satu unit. Tapi, lima unit,” tegas Wako.

            Mendengar penjelasan Wako, lima korban terlihat lega. Mereka merasa puas, Walikota benar-benar serius membantu meringankan beban untuk perbaikan tempat tinggal mereka pasca kebakaran.

            Wako juga menyinggung bahwa rumah yang terbakar tersebut, menyimpan nostalgia masa remaja. Wako pernah tinggal ditempat ini. “Sayo ngekos disini. Sayo tahu siapo be penghuni rumah ini,” jelas Ahmadi.

            Meyinggung rumah yang terbakar juga berfungsi sebagai rumah gedang (rumah tempat penyimpanan pusaka) kalbu Datuk Singarapi Gagap. Rumah ini milik Menti Berempat Depati Dua Nenek. Karena fungsinya juga sebaga cagar budaya, kedepan akan dipikirkan bantuan untuk perbaikan.

            Jekwilia Makalam alias Wo Ujang salah satu keluarga korban menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Walikota dan Pemerintah Kota Sungaipenuh. “Wako cepat  tanggap turun langsung menyalurkan bantuan. Atasn nama keluarga kami menyampaikan terima kasih,” kata Jekwilia.

            Tokoh Adat Depati Batigo, Permenti Batigo Dusun Baru Dpt Khaidir merespons positif bantuan dari Walikota Sungaipenuh. Wako Ahmadi Zubir cepat dan tanggap. Saat kejadian Wako berada di Jambi. Sampai di Sungaipenuh, langsung memantau lokasi kebakaran dan memberi bantuan.

            “Luar biasa perhatian Wako. Bantuan ini bisa mengobati luka lara dan meringankan beban para korban,” kata Dpt Khaidir.

BACA JUGA: Selamat Dari Amuk Api, Benda Pusaka Diarak

Rumah Pusako Dusun Baru Terbakar

            Dikatakan, karena rumah yang terbakar juga berfungsi sebagai rumah gedang tempat penyimpanan pusaka, kedepan bisa menjadi perhatian Pemkot. Rumah, ini milik Menti Berempat Depati Dua Nenek. “Moga kedepan bisa menjadi perhatian Pemkot, apalagi akhir tahun masyarakat berencana menggelar kenduri sko,” katanya.

            Bantuan dari Pemerintah Kota Sungaipenuh bersumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial dan Catatan Sipil.Hadir saat penyerahan Kasat Pol PP Erizal Risman, Camat Sungai Bungkal Victory Saputra, Mantan Camat Sungai Bungkal Jon Taufik, Lurah Dusun Baru Asrizal.(dev)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *