Rendahan Kelasnya Menilai Usia Kota Sungaipenuh

Alfin: Sejak Kerinci Berdiri Kota Sungaipenuh Ibukotanya

DEPATINEWS.COM, SUNGAIPENUH— Merasa pernyataan Alfin menyengat “Tiga puluh tahun Kota Sungaipenuh jauh lebih cantik daripada hari ini” membuat ‘merah kuping’ Incumbent. Fakta nyata itu, dibalas menyebutkan Alfin tidak paham bahwa usia Kota Sungaipenuh baru 16 tahun.

Menanggapi berita miring itu Alfin tertawa “Rendah kelasnyo. Kalau usia Kota Sungaipenuh secara otonom ya 16 tahun. Kota ini lahir berdasarkan Undang-Undang RI nomor 25 tahun 2008,” kata Alfin.

Senentara Kota Sungaipenuh sebagai ibu Kota Kerinci sudah ada sejak Kabupaten Kerinci didirikan pada 10 November 1958 dengan dasar hukum UU No. 58 Tahun 1958. Kota Sungaipenuh juga pernah menjadi ibukota Pesisir Selatan Kerinci (PSK).

Tujuan dimekarkan, untuk kesejahteraan masyarakat, agar kota ini tertata dengan baik. Anggarannya pun ada, infrastrukturnya ada. Kenapa kota ini tidak maju dan mundur ke belakang. Karena salah kelola.

“Saya bandingkan kondisi fisik kota. Sejak saya tinggalkan kota ini jauh lebih cantik. Hari ini, kota ini kumuh baik penataan maupun kebersihannya. Kenapa malah menyebut usia Kota Sungaipenuh secara defenitif, ” tegas Alfin. Ini katanya termasuk gagal paham, perlu banyak mendengar, melihat dan membaca.

Sementara Ketua Tim Pemenangan Alfin-Azhar Hamzah H Ferry Siswadhi, SE, MSi menegaskan yang dimaksud Pak Alfin ‘Sungai Penuh 30 tahun yg lalu itu lebih cantik’ itu adalah Sungai Penuh dalam konteks masa ke masa artinya bukan (terbatas Kota Sungai Penuh).

“Sungai Penuh itu ada jauh sebelum ada Kota Sungai Penuh. Apalagi Sungai Penuh saat itu adalah ibu kota Kabupaten Kerinci yang bekali-kali menerima penghargaan Adipura sebagai Kota Terbersih, ” jelas mantan Ketua DPRD Kerinci.

Itu sebagai bukti, lanjut Ferry. Sekarang di Sungai Penuh yang telah menjadi Kota Otonom sendiri harusnya bisa lebih maju dan cantik lagi kenyataannya berantakan dan jadi kota sampah.

Ferry salah satu inisiator pendiri Kota Sungsipenuh juga menyentil penilaian sdr. Desrianto Khudri yg baru beberapa hari ini bergabung dengan Ahmadi Zubir yg menyatakan AZ lebih berkelas itu tidak mendasar.

“Saya lebih paham dan kenal AZ daripada yang bersangkutan karena saya ikut andil mengantar AZ ke kursi Walikota itu.. jadi mohon maaf kalau penilaian saya AZ itu gagal total.

“Silahkan yang bersangkutan atau timnya sebut program dan janji Ahmadi yang berhasil, “tegasnya.

Arfensa Salah salah satu birokrat ulung Kerinci dan Kota Sungaipenuh geleng-geleng kepala atas pemahaman kerdil tim Ahmadi Zubir tentang makna yang disampaikan Alfin ” Kota Sungai Penuh 30 tahun yang lalu itu lebih cantik” .

Menurut Arfensa, dia saksi hidup kota ini pernah meraih Adipura sebagai kota terbersih di Indonesia. “Adipura itu yang dinilai kotanya. Berarti Kota Sungaipenuh itu sudah lama ada. Kalau kota otonom ya… baru 16 tahun, ” papar Arfensa mantan Kadis Tata Kota dan Kebersihan Kabupaten Kerinci.

Yang disebutkan Alfin adalah fisik kota. Sejak kota ini ditingalkannya 30 tahun lalu kondisinya jauh lebih bagus dan cantik. Dan semasa Arfensa Kadis Kebersihan dapat penghargaan Adipura.
“Kini apa…?” ujar Arfensa dengan nada bertanya. Sampah berserakan, kota amburadul. Karena salah kelola. (dev)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *