Dapil Satu, Empat Kursi Disabet PKS dan PPP

Kejayaan Hanura Berakhir, PKB  ‘Gagal’ Rebut Jatah Kursi Terakhir

DEPATINEWS.COM, SUNGAIPENUH — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berjaya di Derah Pemilihan (Dapil) satu Pondoktinggi-Sungaipenuh-Sungai Bungkal. Kedua parpol ini tampil maksimal dan berahasil meraup suara signifikan. Empat dari 10 jatah kursi yang tersedia direbut dua partai ini.

PKS yang meraih suara terbesar merebut dua kursi dan dan PPP runner up Dapil satu juga kebagian dua kursi. Sisanya, enam kursi masing-masing direbut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan  Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Menariknya, mayoritas legislatif hasil pemilu 2024 diisi wajah baru. Menurut informasi sementara dua kursi PKS diduduki Feri Ariasandi dan Emrizal. Sementara kursi partai ‘keren’ PPP diduduki Feri Hardito dan Efendi Yatim.

Sedangkan kursi PDIP diraih sang Ketua Hardizal, S.Sos menyusul Partai Golkar antara Drs Zulkifli dan H Fitra Helmi, SE, MM. Kedua kader Beringin Rindang hingga Selasa raihan suara masih imbang. “Kedua caleg beringin, Zulkifli dan Fitra Helimi  peluang berimbang. Saat ini masih berlangsung pleno PPK,” kata salah seorang sumber di KPU Kota Sungaipenuh kepada Depati News.

Kondisi sama juga terjadi di PAN. Dua caleg partai matahari bersinar ini saling menyalip dalam mengumpul suara. Untuk sementara Drs Adharianto masih unggul 677 suara, menyusul  Harfendi 610 suara. Nasdem juga saling bersaing antara Tole  S Hadi Warso dari Sirekap KPU baru mengoleksi 529 suara dan H Yalasri Darwis 426.

Duet PSPT juga bersaing ketat di Partai Demokrat antara senior Aspar Nasir dan yunior Suprawadi. Data diperoleh Sang patahana Aspar Nasir terakhir sudah mengumpul 650 suara dan Suprawadi 442 suara. Sedangkan kursi kesembilan diduduki Gerindra bakal diduduki Indra Apdi Saputra. Indra melenggang sendiri, terakhir baru terdata 691 suara.

Bagaimana dengan PKB yang disebut-sebut bakal merebut kursi terakhir Dapil Satu…? Hingga pukul 20.24 wib PKB baru mengoleksi 868 suara. Sang ketua Jondri Kamsik yang disebut-sebut masuk parlemen Kerinci, kemungkinan besar tersingkir jika suaranya tidak bertambah di atas angka seribuan.

Ketua PKS Feri Satria dihubungi membenarkan partai yang dipimpinnya berhasil menguasai suara di wilayah Depati Nan Bertujuh.  Partai orange ini juga berhasil mendulang suara signifikan di Dapil Dua. Feri optimis satu jatah kursi pimpinan dewan milik PKS.

Ya, kita masih menunggu Pleno PPK selesai. Moga kursi PKS bisa bertambah lagi,’ jelas Feri Satria yang saat ini Ketua Komisi II DPRD Kota Sungaipenuh kepada Depati News .

Dia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Sungaipenuh atas kepercayaan yang diamanatkan kepada PKS. Keberhasilan ini tidak lepas totalitas kerja PKS selama ini di dewan. “Alhamdulillah semoga kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada PKS bisa sesuai dengan harapan masyarakat,”  jelasnya.

Sementara Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Alvia Santoni sulit dihubungi. Hingga pukul 22.32 WIB belum ada jawaban dari Ketua PPP. (dev)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *