Jembatan Tamiai Amblas, Jalur Kerinci-Bangko Putus

Ratusan Mobil Terjebak,  Ribuan Penumpang Terlantar

Berita, Kerinci1495 Dilihat

DEPATINEWS.COM, KERINCI – Jalur Bangko-Sungaipenuh putus total. Jalan nasional yang menghubungkan Muara Hemat menuju Sungaipenuh tak bisa dilewati dari pukul 12.05 wib dinihari.

Putusnya hubungan jalur padat lalulintas itu  akibat jembatan di Tamiai, Kecamatan Batang Merangin amblas. Ratusan mobil dari arah Jambi, Jakarta dan Bangko terjebak.

Menurut pantauan Depatinews dilapangan, curah hujan yang cukup tinggi Minggu (1/1/2024) malam hingga dinihari. Akibatnya air sungai meluap dan cukup deras.

Arus deras nenerjang tebing hingga satu unit heller ambruk dan hanyut dibawa arus. Air meluap hingga ke rumah warga dan menghantam jembatan yang berada di depan Masjid Nurul Huda, Tamiai.

Jembatan amblas, badan jembatan turun setinggi satu meter sehinga tidak bisa dilewati. Jika dipaksakan berisiko tinggi.

“Melihat kondisi jembatan yang amblas  ditambah air sungai cukup besar dan arus deras. Sulit bisa dilewati, “ ujar Rori warga Tamiai kepada Depatinews di lapangan dinihari.

Hingga pukul 04.36 belum satupun mobil yang bisa melewati jalur tersebut. Belum ada bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kerinci maupun Kota Sungaipenuh. Pihak PLTA yang jaraknya cukup dekat belum terlihat ada di lapangan.

Menurut Tokoh masyarakat Tamiai Hasferi, upaya satu-satunya jalur ini bisa dilewati harus membuat jembatan darurat.

“Kalau dipaksakan lewat resikonya berat. Harus dibuat jembatan darurat, ” katanya.

Sementara pengguna jalan mengharapkan segera ada bantuan. Ratusan mobil terjebak. Jika memilih putar arah ke belakang  jaraknya terlalu jauh.

“Kita sudah sampai Tamiai. Dekat lagi sudah sampai Sungaipenuh. Tanggung putar arah. Makanya kita berharap Dinas PU segera memberi bantuan, ” kata Hartati salah seorang pengguna jalan dari Jambi ke Kerinci.

Kondisi dilapangan ratusan kendaraan roda empat   travel dan truk masih terjebak. Ribuan penumpang terlantar. (dev)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *