Duet First Lady Kota Sungaipenuh Tampil Memukau

Jadi Bintang Fashion Show Wastra Provinsi Jambi

DEPATINEWS.COM – Istri Walikota Sungaipenuh Ny Herlina Ahmadi meramaikan fashion show Wastra, Provinsi Jambi. Acara khusus memperingati HUT Kartini ke 134 dan Dekranas ke 43 itu juga menyertakan Isteri Sekda Ny Winda Rahayu Alpian dalam peragaan busana.

Fashion Show Wastra yang digelar di Maulidia Convention Center, Jambi, Selasa (13/6) berlangsung menarik dan seru. Pesertanya khusus Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan se  Provinsi Jambi.

Wajah anggun dibalut busana Batik Incung motif Astrat  membuat Herlina Ahmadi  semakin cantik, mempesona dan terkesan elegan. Hingga membuat undangan tamu yang didominasi kaum ibu-ibu terpesona.

Demikian juga tampilan pendampingnya Ny Winda Rahayu Alpian. Mengenakan busana Batik motif Abstrak, Aksara Incung yang  dipadukan dengan  motif Daun Saduku Anak.

Paduan warna merah hitam membuat kedua first lady bumi Sahalun Suhak Saltuh Bdea ini tampil percaya diri.  Keduanya tampil santai bak model yang tengah berjalan diatas catwalk, sehingga membuat mata  pengunjung semakin  tak berkedip melihat busana terbaru yang dikenakannya.

Busana yang dirancang khusus desainer Edwar Paniago ini Batik Incung tulis motif Astrat. Batik motif khusus ini hasil  karya Elita Jaya dari Sanggar Batik Karang Setio. Makna yang terkandung dalam motif ini melambangkan gunung yg menjulang tinggi dipadu dengan air yang bergelombang.

Makna dari motif Astrat  “Kamudoik salantoh satang, kahile salantoh dayeung. Saciok ba ayang sadentoing bak besoi. Artinya seiring sejalan, seiya sekata dalam membangun Kota Sungaipenuh,” kata Elita Jaya.

Demikian juga motif yang dikenakan Ibu Sekda, motif Aksara Incung yang  dipadukan dengan  motif Daun Saduku Anak.

Daun Saduku, merupakan salah satu jenis tanaman herbal  dan berpadu dengan teknik bercak.  Motif ini melambangkan  percikan lumpur sawah disaat musim menanam padi di Kota Sungaipenuh.

Batik ini sarat makna, kerja keras, gotong royong dan  kerja sama untuk kesejahteraan. “Batik ini menjadi simbol Kota Sungaipenuh yaitu Sahalun Suhak Saltuh Bdea,” kata Owner Karang Setio.

Ketua PKK Kota Sungaipenuh Ny Herlina Ahmadi mengatakan  sebuah kebanggaan  dapat langsung menggunakan dan menampilkan produk khas Batik Sanggar Karang Setio dalam acara Fashion Show Wastra Jambi.

“Ada rasa bangga mengenakan produk asli UMKM Kota Sungaipenuh.  Motifnya bagus, terkini dan sarat makna. Wajar kalau banyak yang melirik,” kata Ibu Wako tersenyum.

Penampilan ini, kata Ny Herlina salah satu bentuk mempromosikan produk unggulan Kota Sungaipenuh. Peragaan ini,  lanjutnya salah satu bukti bahwa kita bekerja melakukan pembinaan sekaligus memperkenalkan produk unggulan kita.

“Hasilnya tidak sia-sia banyak tercengang. Apalagi model yang tampil juga menunjang,” ujarnya.

Dikatakan, fashion show tidak sekedar unjuk kebolehan. Bagi kita, mengambil kesempatan supaya  batik khas Kota Sungaipenuh bisa jadi pusat nasional karena potensi industri batik di Kota Sungaipenuh bisa dikembangkan.

Ny Herlina menambahkan pakaian batik menjadi industri yang menguntungkan di Indonesia, karena melihat pertumbuhannya selalu meningkat.

Kini batik bukan hanya sebagai kebutuhan primer saja, namun sudah menjadi kebutuhan artistik sehingga mampu mendorong pertumbuhan industri ini lebih pesat. (devanand munir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *