Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Jumat 21 April

Shalat Hari Raya Kota dan Kerinci Dipusatkan di Pondok Pesantren Arafah

SUNGAIPENUHDEPnews:  Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah resmi menetapkan bahwa hari raya Idul Fitri 1444 H jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Kepastian lebaran ini, sesuai dengan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H.

“Tanggal 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat Pahing, 21 April 2023 M,”

kata Yudesman, Sag, Mag Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Sungaipenuh kepada Depatinews.

Dikatakan, penetapan tersebut didasari dengan penghitungan metode hisab wujudul hilal. Dijelaskan, Muhammadiyah dalam menentukan 1 Syawal 1444 H ini tetap menggunakan metode hisab wujudul hilal sehingga berdasarkan pada perhitungan yang cermat dengan pedoman itu, maka Muhammadiyah menetapkan 1 syawal 1444 H pada hari Jumat, 21 April 2023,

Yudesman menerangkan, karena perhitungan dengan metode itu, 1 Syawal yang ditentukan oleh Muhammadiyah ada kemungkinan berbeda dengan yang ditetapkan oleh pemerintah. Karena itu, jikapun nantinya penetapan 1 Syawal antara Muhammadiyah dan pemerintah berbeda, Yudesman memastikan tidak ada hal yang mesti dipermasalahkan.

“Namun perbedaan Idul Fitri ini bukan kejadian hanya saat ini, sudah beberapa kali kita berbeda dan berjalan dengan baik, harmoni dan menggembirakan karena diantara kami bisa saling menghormati, menghargai dan memuliakan hasil ijtihad masing-masing dengan alasan yang bisa diterima baik berdasarkan dalil naqli maupun dalil aqli serta menghindari pandangan merasa paling benar dari ijtihad itu,” jelas Pimpinan Rumah Tahfiz Sahabat-qu Kota Sungaipenuh.

Dia menerangkan, dengan penetapan tanggal 1 Syawal yang jatuh pada hari Jumat 21 April 2023, warga Muhammadiyah sudah siap untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di beberapa tempat di Indonesia. Untuk Kota Sungaipenuh dan Kerinci berdasarkan Maklumat PD Muhammadiyah Kota Sungaipenuh Nomor : 001/MLM/III.O/E/2023. Maklumat yang ditetapkan pada 17 April dan ditandatangani Ketua Yudesman, SAg, MAg dan Sekretaris Arifman, SAg, MFil.I itu juga menyebutkan bahwa, solat Idul Fitri dipusatkan di Pondok Pesantren Arafah jalan RE Martadinata Nomor. 54 Lawang Agung, Kecamatan Pondok tinggi, Kota Sungaipenuh.

Warga Muhamadiyah diminta dapat hadir pukul 07.00 wib. Adapun Khatib pada Hari Raya Idul Fitri adalah Ustadz Ifwan Alghifari, SPt.(dev/dhy)





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *