Arus Wisatawan Lebaran ke Kerinci Membludak

Hotel Full, Disarankan Pemudik Nginap di Rumah Keluarga

SUNGAIPENUHDEPnews: Tak bisa dihindari, arus kunjungan wisata ke Kota Sungaipenuh dan Kerinci pada Lebaran dan pasca  Idul Fitri bakal membludak. Untuk menampung tamu wisata tersebut, Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sungaipenuh menyarankan  pemudik untuk menginap di rumah keluarga.

            Himbauan ini mengingat terbatasnya fasilitas hotel dan penginapan di Kota Sungaipenuh dan Kerinci. Pengalaman lebaran Idul Fitri sebelumnya, banyak wisatawan yang berkunjung ke Bumi Sahalun Suhak Saltuh Bdea tidak terlayani dengan baik. Bahkan, wisatawan tidak mendapatkan tempat menginap yang layak, karena hotel yang tersedia sudah diboking.

            “Kita menghimbau dan menyarankan para pemudik yang punya keluarga untuk menginap di rumah keluarga. Tujuannya, agar fasilitas hotel dan penginapan bisa menampung tamu-tamu yang tujuannya berwisata ke Sungaipenuh dan Kerinci,” kata Bobi Arisandi Kepala Dinas Budaya Paraiwisata Kota Sungaipenuh kepada Depatinews.

            Bobi menyarankan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Sungaipenuh dan Kerinci terlebih dulu memboking hotel dan penginapan. Dikhawatirkan, membludaknya kunjungan dan  hotel yang tersedia tak tertampung.

            Ada baiknya, lanjut Bobi jika wisatawan punya kenalan, teman, keluarga atau sanak saudara untuk menginap di rumah kenalan tersebut. “Pengalaman tahun lalu banyak wisatawan terlantar dan terpaksa istirahat di jalanan. Kasihan, tujuan mereka berkunjung ke Kota Sungaipenuh untuk berlibur,” jelasnya.

            Dia juga berharap masyarakat Kota Sungaipenuh dan Kerinci yang mempunyai rumah yang besar dan kamar yang banyak untuk memberikan tampungan kepada para wisatawan. Bisa dalam bentuk sewa atau bentuk jasa lainnya. “Tujuan kita ingin memberi layanan terbaik untuk tamu yang berkunjung dan mereka bisa menikmati liburan dengan baik,” paparnya.

            Ketua PHRI Kota Sungaipenuh H Armen Arafah membenarkan arus kunjungan wisatawan ke Kota Sungaipenuh dan Kerinci pada lebaran Idul Fitri dan Pasca lebaran membludak. Ramainya masyarakat yang mudik, dilanjutkan dengan liburan panjang. Tradisi lebaran, masyarakat yang berada di luar daerah mencari tempat wisata. Salah satunya yang jadi primadona, Kota Sungaipenuh dan Kerinci.

            “Pengalaman kita lebaran sebelumnya, tamu pada lebaran cukup tinggi. Makanya, dihimbau kepada wisatawan yang ingin ke Kota Sungaipenuh dan Kerinci untuk memboking kamar terlebih dulu.,” kata Armen yang juga Owner Arafah Hotel.

            Pak Haji ini juga menyarankan, jika wisatawan punya kenalan, baik keluarga, teman dan sanak saudara untuk menginap di rumah kenalan tersebut. “Hotel dan penginapan di Kota Sungaipenuh dan Kerinci masih terbatas, sementara kunjungan saat lebaran sangat tinggi sehingga tidak tertampung,” kata Armen.(dev/dhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *