Mengenang dr Usman Karim, SKM : Tokoh Kerinci yang Sukses.

Oleh: Prof.Dr.Rizal Djalil Ex Ketua BPK RI & Pemegang Bintang Mahaputra Adipradana Dari Pemerintah RI

DEPATINEW.CON –Terkejut dan sedih menerima berita duka pada sabtu siang 28 september 2024: berpulangnya Bapak dr.Usman Karim ke Hadirat Allah Azawajalla semoga segala Amal ibadah beliau diterima Allah SWT.

Dokter H.Usman Karim,SKM termasuk salah satu generasi pertama putra Kerinci yang berhasil mencapai gelar sarjana di luar daerah. Beliau tamatan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Padang. Setamat dari UNAND Padang beliau berkarir sebagai dokter di RS Umum Sungai Penuh (sekarang RS Mayjen A.Thalib). Sebagai Kepala Rumah Sakit Sungai Penuh beliau lah yg meletakkan dasar pengembangan Rumah Sakit seperti yang kita lihat saat ini.

Dr.Usman Karim pernah memimpin Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung (sebelum dimekarkan). Setelah melaksanakan tugas di Tanjung Jabung beliau diangkat oleh direksi PT Askes menjadi Kepala Perwakilan PT Askes di Propinsi Jambi. Disinilah persentuhan’ saya secara intensif dengan dr H Usman Karim, setelah saya dimutasikan ke Jambi oleh Menkes sebagai salah satu Pejabat yang membantu Beliau.

Saya banyak belajar bagaimana mengembangkan karir, dari dr H Usman Karim Saya menyaksikan sendiri bagaimana beliau dengan sangat gigih memperjuangkan kecukupan obat untuk pelayanan PNS dan pensiunan di Jambi dalam forum rapat pimpinan tingkat nasional.

Beliau berkata ” Ini karena kita berjuang untuk Jambi, ” kata-kata tersebut terngiang terus sampai saya di DPR RI periode 1999-2009.

Setelah purnabakti dari PT Askes beliau tetap exis mengembangkan sayap usaha bisnis beliau melalui PT Puri Masurai yang bergerak dibilang pengembangan perumahan. Usaha ini berkembang pesat. Melalui pembangunan perumahan inilah beliau membantu Masyarakat Jambi yang membutuhkan perumahan yang layak sekaligus membangun ” lahan tidur” di sekitar Unja Mandalo dan kawasan lainnya di Jambi.

Dr.H.Usman Karim,SKM bukan hanya sukses sebagai dokter, pejabat birokrasi tapi juga sukses sbg pengusaha.

Banyak orang tidak tahu bahwa dr H Usman Karim, SKM merupakan salah satu pendiri PAN – partai yang mempunyai kursi terbanyak di DPRD Provinsi Jambi saat ini-bersama saya dan para inisiator lainnya. Bahkan dalam.mensukseskan Drs Zulkifli Nurdin sebagai Gubernur Jambi periode 2000 -2005 dr H Usman Karim,SKM menjadi Penasehat Utama saya sebagai Tim Inti Pemenangan. Selain itu Dr.H.Usman Karim,SKM juga aktif dan berjasa dalam mendukseskan Fauzi Siin menjadi Bupati Kerici.

Selamat Jalan….Ngah dr H.Usman Karim,SKM…beristirahatlah dengan tenang….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *