Wako Minta Kedepankan Etika Politik

Fitra Helmi: Idul Adha Momentum Persaudaraan dan Persatuan Umat

Berita, Sungai Penuh868 Dilihat

DEPATINEWS.COM – Walikota Sungaipenuh Ahmadi Zubir mewanti masyarakat. Khususnya menghadapi tahun politik 2024 dan Pilkades Serentak 2023. Masyarakat diminta mengedepankan etika berpolitik yang sehat. Tujuannya agar tidak terjadi percahan.

Masyarakat diminta senantiasa terus menjaga kebersamaan dan mempererat silaturrahmi. “Jangan sampai masyarkat terprovokasi oleh kepentingan-kepentingan politik yang tidak bermanfaat,” tegas Walikota Sungaipenuh Ahmadi Zubir ditengah ribuan massa yang menghadiri solat Idul Adha di Lapangan Merdeka Kota Sungaipenuh, Kamis (29/6).

Ditegaskan, hindari saling bersengketa. Meskipun kita berbeda pilihan, masyarakat diminta tetap rukun. Makanya kedepankan etika politik yang sehat.

Walikota juga menyampaikan terimakasih atas dukungan masyarakat terhadap setiiap program pembangunan yang telah dilaksanakan. “Insya Allah segala yang baik kita lanjutkan pada masa-masa yang akan datang,” kata Walikota.

Disamping, Ahmadi juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah menunaikan kewajiban dalan berkurban. Pada hari ini, kata Wako momentum yang tepat bagi kita untuk mewakafkan keiklasan dan kepedulian sosial terhdap sesama serta meningkatkan kualitas pribadi yang taat dan sabar.

Sementara H Fitra Helmi, SE, MM yang dipercayakan menyampaikan khotbah, membedah lebih luas makna Idul Adha. Dikatakan, Idul Adha tidak bisa dipisahkan dari ukhuwah Islamiah. Idul Adha adalah momonentum persaudaraan dan persatuan umat Islam.

Dalam Alquran surat Al Hujurat ayat 10 menyebutkan “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertaqwalah kepada Allah agar kami mendapat rahmat.”

“Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan bahwa orang mukmin satu dengan yang lainnya bagaikan bangunan. Dimana satu dan yang lainnya sama-sama menguatkan,” kata Fitra Helmi.

Dipaparlam, hendaknya setiap muslim memberikan kebaikan kepada sesama. Dalam sabda Nabi Muhammad SAW sebaiknya manusia adalah yang paling bermanfaat. Alangkah beruntungnya jika kita bisa menjadi pribadi yang baik. Alangkah indahnya kita hidup dalam kerukunan dan alangkah damainya kita senantiasa memupuk rasa persatuan dan saling menjaga rasa kasih sayang.

Mantan Ketua Bappeda Kota Sungaipenuh dalam khotbahnya kembali mengingatkan umat muslim agar bisa berkontribusi untuk pembangunan. Menurutnya, tidak ada lagi yang berkorok berkandang dalam menohok kawan seiring. Menggunting dalam dalam lipatan beraja dihati bersultan dimata berbenak diempu kaki. “Buang jauh-jauh sifat yang demikian. Mari kita tampilkan semangat persatuan untuk perubahan dan kemajuan,” katanya.(dev)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *