Ribuan Warga Muhammadiyah Shalat Ied di Ponpes Arafah

Berlangsung Khidmat, Khotib Ifwan Alghifari Tampil Memukau

SUNGAIPENUHDEPnews: Ribuan Warga Muhammadiyah Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci  melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Halaman Pondok Pesantren Modern Arafah di jalan Depati Parbo, Kota Sungaipenuh.  Pelaksanaan Shalat Idul Fitri berlangsung dengan khidmat dan khusyuk dengan diawali membaca lafaz takbir oleh imam takbir dan di ikuti seluruh jamaah.  

Sejumlah Tokoh Kerinci dan Kota Sungaipenuh diperantauan ikut hadir. Herman Muchtar, Nuzran Joher, Emaridial Ulza, Harmalis, Yos Adrino, Suardi Dpt, Elvi Prasetya, Aditya, Muhammad Awal dan sejumlah tokoh lainnya.        

Khatib Ifwan Alghifari, Spt dalam ceramahnya memaparkan pengertian Taqwa. Salah satunya, tentang qonaah. Dipaparkan pengertian orang kaya bukan karena harta yang berlimpah. Merasa tak pernah cukup dengan harta yang ada. Orang kaya adalah orang yang cukup atas karunia Allah, menerima rezeki dan takdir yang Allah tetapkan. “Qonaah bukan berarti spektis. Kita bekerja berusaha sekuat tenaga mengalahkan segala yang kita miliki. Tapi hasil dari usaha kita serahkan kepada Allah SWT,” jelasnya.

                Dijelaskan juga, orang yang sukses puasanya setelah bulan Ramadhan dia punya sikap qonaah. Menerima apa yang ditakdirkan Allah SWT setelah berusaha mampu membedakan mana kebutuhan dan mana hawa nafsu.

                Menurut pantauan Depatinews di lokasi, ribuan jemaah memadati halaman Pondok Pesantren, hingga ke dalam lokasi masjid. Massa tumpah ruah menyambut hari kemenangan. “Kami mohon maaf kepada jamaah karena yang melaksanakan salat Idul Fitri di luar dugaan sehingga tidak terlayani sepenuhnya,” kata Ketua Cabang Pimpinan Muhammadiyah Kota Sungaipenuh Yudesman,

Dia menyebutkan bahwa sesuai dengan instruksi pimpinan Pusat Muhammadiyah bahwa seluruh warga Muhammadiyah sepakat melaksanakan shalat Ied pada 21 April 2023.  

Sebab, Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi sebagai pembaruan dan apa yang dilaksanakan sesuai dengan arahan dari pimpinan pusat dan satu kesatuan dalam melaksanakan apa saja dan tidak keluar dari koridor yang telah ditentukan.

Sementara Drs Bustami Pimpinan Pondok Pesantren Arafah menjelaskan, shalat Idul Fitri tahun ini sesuai dengan instruksi Pimpinan Pusat Muhammadiyah bahwa seluruh warga Muhammadiyah sepakat melaksanakan shalat Ied pada 21 April 2023.

Biasanya lokasi shalat Idul Fitri di Panti Asuhaan Aisyiah Sumur Anyir. Mengingat jumlah jemaah yang ikut cukup besar makanya dipilih Pondok Pesantren Arafah. Alasannya, halamannya cukup luas, juga kiblat Ponpes Modern Arafah adalah Pondok Pesantren Gontor. Pondok Pesantren Gontor di Jawa Tengah juga merayakan shalat Idul Fitri pada hari ini.

“Muhammadiyah hanya memfasilitasi. Kaum muslimin yang meyakini Hari Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada tanggal 21 April,” kata Bustami. Sementara pembawa acara solat Idul Fitri Heri Kusnadi salah seorang kandidat calon DPD.(dev/dhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *